Nyambi eling eling Dharma Kertanegara Untuk Nusantara

0
79

 

Nyambi eling eling Dharma Kertanegara Untuk Nusantara

maneh biar gak lupa akan sejarah masa lalu, sekaligus menghindari fanatisme buta dan khultus individu terhadap Gajahmada dan Majapahit teruuusss #NdlemingSore ……

Masa pemerintahan Kertanegara adalah masa kejayaan Singhasari.Ia sosok raja yang berambisi menyatukan Nusantara di bawah panji Singhasari.

Beliau Maharaja penguasa tanah Jawa pertama yang mencetuskan ide itu, jauh sebelum Patih Gajah Mada dengan Sumpah Palapa yang cetarrr membahana gaungnya.

Kertanegara berani memecat pejabat dan punggawa yang menentang cita-citanya. Penerus tongkat penguasa tanah Jawa dari Dinasty Rajasa ini menggagas ekspedisi Pamalayu demi menjalin persahabatan dan upaya diplomasi dengan kerajaan-kerajaan di Sumatra.

Tujuannya tak lain untuk memperkuat pengaruh Singhasari di selat Malaka yang strategis secara politik dan ekonomi, juga menghadang kekuasaan Mongol yang kala itu hampir menguasai seluruh daratan Asia.

Hasrat Kertanegara untuk menyatukan tak hanya di bidang kuasa wilayah, tapi juga di ranah agama. Ia yang menguasai agama Hindu dan Buddha, menyatukan Hindu aliran Syiwa dengan Buddha aliran Tantrayana.(did)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here