Gambar Cadas Di Muna Pertama Didokumentasikan Pusat Penelitian Arkeologi

0
145

Tahukah kalian, Di Kawasan Karst Muna, Sulawesi Tenggara, terdapat 16 gua dan ceruk yang mengandung temuan Gambar Cadas.

Gambar Cadas di Muna pertama kali didokumentasikan oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional pada tahun 1977. Gambar-gambar yang berhasil direkam pada saat itu adalah figur manusia, binatang, matahari, perahu, serta perlengkapan perang dan berburu. Pada dokumentasi yang dilakukan Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman tahun 2015 ditemukan cap tangan negatif yang sebelumnya dianggap tak ada di wilayah Muna.

Salah satu gua yang didokumentasikan adalah Gua Mentaduno. Gua ini berada di Desa Liang Kabori, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna.

Gua ini adalah salah satu gua dan ceruk yang pertama kali didokumentasikan oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional. Pada gua ini terdapat gambar cadas berupa figur manusia dengan berbagai variasi, kuda, rusa, babi, anjing, ayam, ular, lipan, perahu, matahari, gambar cap tangan negatif, dan gambar yang belum teridentifikasi.

Bahan pewarna yang digunakan berupa oker yang menghasilkan warna merah dan coklat, serta arang yang berwarna hitam. Dua teknik penggambaran yang digunakan adalah teknik kuasan dan teknik semprot.

Beberapa adegan yang digambarkan pada gua ini meliputi perburuan rusa, prajurit berkuda, manusia terbang, perkelahian, kuda yang dituntun, dan lain-lain.


Gambar cadas pada gua ini menunjukan masa yang beragam, dari cap tangan hingga gambar kuda yang telah terdomestikasi. Gambar Cadas di Gua Metanduno memang belum diketahui umur absolutnya, namun dari pengamatan superposisi gambar cadas dapat diketahui kronologi negatifnya yaitu: (1) gambar tangan negatif, (2) gambar perahu, (3) terakhir gambar kuda dan figur manusia dengan ragam penggambarannya.(red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here