Selamat Ulang Tahun Bung Kusno

0
121

(Hari ini dalam catatan sejarah Surabaya)6 JUNI 1901

“kau lahir dengan tangisan yang keras bung, dan kau pergi membuat seluruh dunia menangis”

Hari ini 6 juni 2019, atau tepat 118 tahun yang lalu telah lahir seorang pendiri bangsa bernama koesno Sosrodihardjo yang kemudian dikenal dengan soekarno dan akrab disapa bung karno.

Bung karno yang merupakan tokoh pendiri bangsa menghabiskan sebagian besar masa hidupnya untuk berpikir dan berjuang atas nama kemerdekaan bangsa indonesia. Dan bung karno dilahirkan tanggal 6 juni 1901. Ia dilahirkan jam setengah enam pagi saat fajar mulai menyingsing, ibunda bung karno, Ida ayu nyoman Rai percaya bahwa orang yang dilahirkan disaat matahari terbit akan ditakdirkan punya nasib yang lebih baik.
“Jangan lupakan itu, jangan sekali kali kau lupakan nak, bahwa engau ini putra sang fajar”. begitu pesan ibundanya kepada bung karno.

Perlu di ingat bahwa bung karno adalah sosok cerdas dengan ragam gagasan dan ide- idee cemerlang. Beberapa pemikirannya pernah ia curahkan seperti: Pancasila, Marhaenisme, Nasakom, Manipolusdek, Arsitekstur, kebudayaan dan masih banyak lagi. Selayaknya kita sebagai penerus bangsa meneruskan perjuangan beliau

-jangan sampai mata dibutakan oleh dunia.
-jangan pernah tubuh dilumpuhkan oleh kekuasaan. Bukalah matamu wahai pemuda, Lihatlah bagaima sejarah menjawabnya. Semoga kau temukan kebenarannya.

Kusno atau Ir. Sukarno kemudian menjadi presiden pertama Republik Indonesia, yang menghantarkan bangsa ini ke gerbang kemerdekaan bersama para founding father.

“Warisi apinya jangan abunya”

“Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri”

~ SUKARNO ~

Foto ANRI

(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here