Puluhan Ekor Kambing Jadi Korban Kebakaran

0
165

Lensanaga.com

METRO – Diduga akibat hubungan pendek arus listrik, sebuah kandang kambing milik warga di Jl. WR Supratman nomor 06 RT 31 RW 12 Kelurahan Hadimulyo Timur, Kecamatan Metro pusat ludes terbakar, Senin (9/9/2019)

Akibatnya, sebanyak ratusan ekor kambing menjadi korban dan 40 ekor diantaranya hangus terpanggang.

Edi Saputra, ketua RW setempat mengungkapkan kebakaran terjadi sekira pukul 05.15 yang diduga akibat konsleting listrik.

“Api sudah merambat dari pojok kandang kambing. Kalo kambingnya ada sekitar 150an tapi alhamdulillah yang bisa kita amankan sekitar 100an kambing,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, kebakaran kandang milik Muhammad Hanafi yang merupakan keponakannya tersebut menewaskan 40 ekor kambing.

“Sang sudah teridentifikasi dan tidak bisa di selamatkan sekitar 40an yang lainnya belum terlihat. Kalo kerugian di taksir sekitar 100jt,” ujarnya.

Kini pihak keluarga berharap pemerintah Kota Metro dapat membantu korban dalam merenovasi kandang kambingnya.

“Keponakan saya masih syok, kalo harapannya agar pemerintah kota metro dapat membantu kami, minimal dalam pembuatan kandang,” pungkasnya.

Sementara itu berdasarkan hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), kebakaran disebabkan oleh konsleting listrik.

“Diduga kuat akibat hubungan pendek arus listrik, karena berdasarkan hasil olah TKP ditemukan kabel listrik yang terbakar dan tidak sesuai dengan kebutuhannya. Ada percikan api dari kabel, sehingga membakar kandang yang terbuat dari kayu dan terdapat benda yang mudah terbakar,” terang Bhabinkamtibmas Hadimulyo Timur Brigpol Rifai Kurniawan.

Ia menyampaikan bahwa api dapat dipadamkan oleh tim pemadam kebakaran setelah setengah jam. Polisi mengimbau agar warga dapat menggunakan kabel listrik sesuai kebutuhan supaya kebakaran yang disebabkan oleh konsleting listrik tak kembali terulang.

“Proses, pemadaman berlangsung selama setengah jam oleh Tim damkar yang dibantu polisi dan warga. Saya mengimbau warga untuk menggunakan kabel yang SNI dan dapat memenuhi kapasitas arus listrik yang dibutuhkan, jangan sampai melampaui kapasitas dari kabel itu sendiri,” tandasnya. (red/Adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here