Mantir dan Gerdak di Halang-Halangi untuk Cek Lokasi Tanah Warga yang di Garap oleh Pihak PT. PIS

0
142
  • Lensa Naga, Barito utara kalimantan tengah. Pada hari selasa. 21janwari 2020 tim mantir adat damang maki kabupaten barito utara melakukan tugas nya,untuk cek lapangan yang ada di lokasi (HGU) PT. PERMATA INDA SINERGI/PIS

dalam hal itu pihak mantir pun sudah memberikan surat undangan baik kepada pihak,kepala desa benao hulu,kepala. desa benao hilir kepala desa teluk malewai dan ke kec. Camat lahe barat. Dan menejemen PT. PIS namu ketika pada saat hari itu juga semua nya mempunyai kesibukan masing, masing. Mantir kabupaten, barito utara propinsi Kalimantan Tengah.

Pun mengambil langkah sesui poksi tetap melaku kan cek lapang. Dan dari tim ini pun tetap melakukan laporan ke pihak PT. pis dan melaporkan tujuan tim mantir dan wara,

Yang mempunyai tanah lahan yang ada di garap tampa ada ganti rugi kepada pemilik sah. Tanah. Baling batong dan dari ranah yang telah di lakukan pihak persahan Pt. Pis ini meranggar adat leluhur dari turun menurun.

Setelah pihak tim mantir adat melaporkan dan meminta pendampingan. Dari pihak legal pak Herman.menolak untuk mengecek lapangan dan tidak memperboleh kan para mantir untuk masuk ke areal tanah yang pada tangal 16/1/2020 dulu rdp di DPRD. kab. Barito utara.
Akan tetapi para mantir pun berdasarkan surat tugas.akan menjalan kan tugas nya tetap. Menuju lokasi atau letak tanah tersebut.

Sampai di lokasi tanah yang saat.ini pihak pemilik tanah ini dan mengatongi surat tanah masing masing sebelum adanya perusahan melakukan.aktipitas.sudah ada dan bukti pisik yaitu seperti kebun durian tengkawang ulin karet papuan dan banyak lagi yang lainnya.

Beberapa saat para mantir dan pemilik lahan serta penerimaan kuasa pendamping dilokasi pak Herman datang juga ke lokasi dengan dua orang anggota belang macan satu bawa senjaata raras panjang, ada apa sampai bawa. Senjata ??… dan beberapa saat melakukan pembicaraan tim ini mengigat waktu sudah hamir malam tak ambil panjang karena tugas sudah selesai dan data lapangan benar itu paktanya pulang ke desa benao dengan melalui jalan terobos yang penuh dengan lumpur.

Sangat lah luar biasa perjalanan mantir gerdak.dan warga pemilik lahan demi Hak masyarakat adat. (red/Aspio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here