Batang Pohon Supranatural Berusia Ratusan Tahun di Amerika Ramai Dibahas Ahli

0
224

Lensanaga.id,Jangan Lupakan Sejarah

Batang Pohon Supranatural Berusia Ratusan Tahun di Amerika Ramai Dibahas Ahli
Chodijah Febriyani Rabu, 06 November 2019 11:44 WIB.

Batang Pohon di Danau Oregon, Amerika Serikat , Selama 120 tahun lebih, ada sebuah batang pohon yang disebut ‘Old Man’ yang tenggelam di Danau Kawah Oregon, Amerika Serikat. Hal ini membuat para ilmuwan bingung bagaimana bisa ada batang pohon di tengah danau.

Menurut sejarah, pada 1896 ahli geologi dan penjelajah Joseph Diller menggambarkan batang pohon tersebut sebelumnya pecah dan melayang sehingga jatuh ke danau tersebut. Lima tahun kemudian Diller mengamati bahwa batang pohon tersebut bergerak 400 meter dari lokasi sebelumnya.

Namun ahli lain mengatakan, kemungkinan kayu tersebut mengapung di air karena tanah longsor. Namun mengapa kayu tetap tegak berdiri? Hukum fisika menjelaskan bahwa objek mengambang dengan berat seragam memiliki pusat massa lebih tinggi daripada pusat daya apung. Itulah sebabnya mengapa batang pohon tersebut selama ratusan tahun berdiri tegak di tengah danau.

Dilansir AkuratTravel dari Oddity Central, Rabu, (6/11), sebuah penelitian kembali dilakukan kali ini oleh Carter Lake Institute, yang menyatakan penjelasan paling masuk akal yang terjadi pada seabad lalu bahwa batang pohon tersebut meluncur dengan kencang ke arah danau dan pasti ada bebatuan yang membuatnya tersangkut di akar sehingga secara alami batang tersebut mengapung hingga saat ini.

Namun, air jernih danau menampakkan batang pohon tersebut tidak memiliki akar dan tidak ada batu di sekitarannya. Anehnya lagi, ada foto yang menunjukan seorang ranger pernah berfoto di atas batang pohon tersebut. Tanpa rusak dan pecah, nampaknya batang pohon tersebut memang sangat kokoh. Buktinya sampai sekarang masih berdiri tegak.

Selain teori yang diungkapkan oleh ilmuwan, ada beberapa orang percaya bahwa batang pohon tersebut memiliki kekuatan supranatrural atau cerita takhayul warga bahwa batang pohon tersebut bisa mempengaruhi cuaca. Buktinya, pada 1980-an, ketika eksplorasi kapal selam di danau, para ilmuwan memutuskan untuk mengikat tali jangkar di batang tersebut dan hal aneh pun terjadi.

Menurut beberapa laporan dari penduduk setempat, cuaca kemudian langsung berubah menjadi badai dan salju, padahal ketika itu bulan Agustus. Tapi setelah tali dilepaskan, cuaca kembali cerah.

(Lensa Sejarah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here