1.729 KK Warga Lanjas kec.Teweh Tengah akan Terima Bantuan Tahap II

0
5741

LENSANAGA.ID, MUARA TEWEH – Sebanyak 1.729 Kepala Keluarga (KK) warga yang tersebar di 31 RT, Kelurahan Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara (Barut), dijadwalkan akan mendapat bantuan berupa paket beras dampak Covid-19 tahap II. Jumlah warga penerima bantuan tersebut, jauh bertambah dibandingkan tahap I yang hanya 220 KK.Selasa (19/05/2020)

Lurah Lanjas Tri Winarsih didampingi Sekretaris Irwanto, Selasa (19/5/2020), kepada awak media menuturkan, saat ini aparat kelurahan bersama setiap RT sudah mendata warga miskin yang terdampak Covid-19.

“Ketua RT mengumpulkan data, kami yang memverifikasi. Bantuan ini untuk warga terdampak Covid-19 saja. Sedangkan PNS, pegawai BUMN, BUMD, dan pensiunan PNS tidak masuk daftar penerima,” sebutnya.

Tri Winarsih menjelaskan, pada pembagian paket beras tahap I, warga penerima berdasarkan data Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial. Namun pada tahap II, Ketua RT turun langsung mendata dan mengumpulkan KTP, tanpa membeda-bedakan asal daerah.

Terpisah, Camat Teweh Tengah H Mastur, mengatakan, bantuan beras bagi warga terdampak Covid-19 kali ini diprioritaskan bagi warga kelurahan. Karena untuk warga desa, sudah ada bentuk bantuan lainnya. “Pendataan ulang untuk bantuan tahap II melibatkan TNI, Polri, dan pihak Kelurahan,” ucapnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Sosial PMD Barut, Eveready Noor menyatakan, paket beras bakal dibagikan kepada warga miskin di wilayah Kelurahan yang tidak masuk penerima PKH, BPNT, dan BLT-Dana Desa.

“Saat ini sedang kita data. Diutamakan bagi para pedagang kecil, pedagang asongan, pedagang sayur, dan pekerja non formal kecil lainnya yang terdampak covid-19,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemkab Barut telah menyerahkan paket sembako untuk 7.503 KK yang terdampak sosial Covid-19, pada Selasa (14/4/2020) kemarin. Saat itu, penerima bantuan di Lanjas cuma 220 KK.

Naga kalimantan. (Aspio) Tim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here