Beredar Informasi Viral di Jejaring Sosial yang Berbunyi

0
5410

lensanaga.id 1 /6/2020 muara.teweh,propesi kalimantan tengah, Corona Virus adalah Bohong…bukan dari virus tapi dari Bakteri….semua ini diketahui oleh negara Itali…setelah mereka meng-autopsi jenazah korban Corona…dan seterusnya”, itu TIDAK BENAR alias HOAX.

Faktanya :

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis virus Corona baru yang ditemukan pertama kali di Wuhan, Cina, pada Desember 2019. Virus Corona adalah kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia.

Beberapa jenis virus Corona diketahui menyebabkan infeksi saluran pernapasan pada manusia, mulai dari batuk dan pilek hingga yang lebih serius, seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Virus Corona jenis baru yang menyebabkan Covid-19 diberi nama SARS-CoV-2.

Berdasarkan pemeriksaan fakta Tempo, klaim-klaim dalam pesan berantai di atas keliru. Covid-19 disebabkan oleh virus, bukan bakteri. Antibiotik diberikan kepada pasien Covid-19 yang mengalami infeksi bakteri sekunder. Anti-inflamasi diberikan untuk menurunkan demam atau rasa nyeri akibat Covid-19.

Adapun antikoagulan direkomendasikan bagi pasien Covid-19 yang mengalami trombosis. Beberapa penelitian memang menemukan pasien Covid-19 yang mengalami trombosis. Namun, menyimpulkan bahwa pasien Covid-19 meninggal hanya karena trombosis keliru.

Selain trombosis, pasien Covid-19 kebanyakan meninggal karena pneumonia dan gagal napas. Terkait klaim ventilator dan ICU tidak dibutuhkan oleh pasien Covid-19, juga keliru.

Mari Bijak Bermedia Sosial. Saring sebelum Sharing

Lawan Hoax, Tolak Hoax, Tangkal Hoax dan Laporkan Hoax

STOP HPUS (Hoax, Pornografi, Ujaran Kebencian, dan SARA)

Tegasnya, HumasPoldaKaltengPeloporTangkal Hoax
Naga kalimantan.Aspio

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here