Peringati Hari Darma Karyadika ke-75, Lapas dan Rutan IIB Kotaagung Gelar Aksi Sosial Donor Darah

0
6816

lensanaga.id-Kota Agung-Dalam rangka rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Kementerian Hukum dan HAM RI Ke 75 ( Hari Darma Karyadika) yang jatuh tanggal 30 Oktober 2020 nanti. Senin, 26-10-2020.

Rutan dan Lapas kota agung berkolaborasi mengadakan donor darah, Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Pringsewu, aksi ini diikuti oleh Karutan dan Kalapas Kotaagung beserta seluruh jajaran.

Acara dibuka langsung oleh Karutan Kotaagung Akhmad Sobirin Soleh. Turut Hadir Kalapas Kotaagung Beni Nurrahman serta Tim Medis dari PMI Cabang Pringsewu yang di Ketuai dr. Nala. Dalam sambutannya, Sobirin mengatakan bahwa aksi donor darah ini adalah wujud kepedulian sosial petugas pemasyarakatan pada kemanusiaan. “Donor darah tentunya sangat bermanfaat bagi sesama yang membutuhkan, dan untuk pendonor juga berefek baik bagi kesehatan.

“Sobirin juga menyampaikan terimakasih kepada Tim Medis PMI Cabang Pringsewu yang telah besedia memfasilitasi jalannya kegiatan donor darah, meskipun ditengah masa pandemi.terang ya.

Kepala Lapas Kota Agung Beni Nurrahman yang turut berpartisipasi mendonorkan darahnya juga mengatakan kegiatan ini di ikuti oleh 40 orang pegawai. Aksi Donor ini harus diawali dengan pengecekan kesehatan meliputi tekanan darah, riwayat sakit dan kesehatan, dan pengetesan golongan darah.

“40 orang pegawai ikut pengecekan darah awal setelah di cek ternyata ada beberapa orang yang tidak dapat mengikuti donor darah dikarenakan kondisi kesehatan. Selain itu ada yang berat badannya yang kurang, ada juga yang tensi darah rendah, maka mereka tidak dibolehkan untuk mendonorkan darahnya” Ujar Beni.

Sementara itu, salah satu petugas Rutan Kota Agung Bayu yang bertugas di Satuan Keamanan mengatakan, dirinya sangat senang dengan diadakannya acara tersebut.

“Awalnya sih saya deg-degan, ada rasa takut sedikit, tapi saya pikir pasti manfaatnya bagus buat kesehatan, dan juga membantu kemanusiaan dan orang-orang yang membutuhkan darah kita. Setelah donor saya merasa enakan dan turut senang bisa mengikuti kegiatan tersebut. Justru saya berharap kegiatan ini Rutin digelar,” pungkas bayu.(red/doli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here