Berapa Hari ini Hujan Turun Mengakibatkan Sungai Langkai Meluap

0
7684
Berapa Hari ini Hujan turun mengakibatkan sungai langkai meluap
Berapa Hari ini Hujan turun mengakibatkan sungai langkai meluap

LENSANAGA.ID-BATAM-Pihak Dinas Bina Marga dan Sumberdaya Air Kota Batam sudah melakukan normalisasi parit di pinggiran bakau, Putri Hijau, Kelurahan Sei Langkai, Kecamatan Sagulung. Namun normalisasi ini belum efektif karena pengaruh faktor alam,” menurut julu.

Dari salah satu warga sekitar Putri Hijau mengatakan, pinggiran Sungai Langkai, tepatnya di sekitar Perumahan Artha Indah dan Putri Hijau sering terjadi air laut yang pasang. Kadang-kadang, air akan meluap ke hingga ke dalam Perumahan Artha Indah.

Meski pun tidak sedang hujan, rumah bagian belakang Artha Indah sering banjir saat air laut pasang. Ada dua blok rumah yang sering banjir, tapi hanya bagian halaman rumah saja,” ungkap Julu.

Menurut Julu, pemerintah setempat sudah berusaha mengatasi masalah air laut yang sering pasang. Namun, normalisasi yang dilakukan ini kurang efektif karena yang dihadapi ini adalah faktor alam.

Ada tiga jenisnya, air pasang kecil, sedang dan besar. Jika pasang besar, air akan meluap hingga ke halaman rumah warga, tapi kalau kecil dan sedang tidak pengaruh bagi warga,” jelas Julu, Jumat (15/1).

Informasi yang diterima Julu, lokasi yang sering terjadi pasang surut itu akan dijadikan sebagai akses jalan penghubung dari Kapling Kamboja menuju Perumahan Putri Hijau. perencanaan ini masih panjang, rencananya jalan ini akan dipasang batu miring,” ditambahkanya.

Pantauan di lokasi, saat ini air sudah mulai surut. Namun demikian, air laut yang pasang bisa terjadi kapan saja. Untuk itu, warga di lokasi tetap waspada agar anak anaknya tidak bermain ke sekitaran parit, sebab kedalaman air tidak menentu, saat pasang bisa mencapai kedalaman 2 meter.

Sebelumnya Reza Khadafi, Camat Sagulung menyatakan pihaknya terus melakukan normalisasi. Sebab kawasan Sagulung merupakan aliran air dari beberapa perumahan yang ada di wilayah Kecamatan Batuaji.
Semua aliran alir akan mengalir dari kawasan Sagulung, makanya tiap hujan drainase akan penuh, ditambah lagi faktor alam karena air laut pasang,” ujarnya.

perlahan-lahan masalah banjir di kawasan Sagulung sudah mulai dicarikan solusi. Untuk itu, Camat Sagulung mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari banjir.

Kami sudah berupaya untuk atasi banjir. Kota berharap supaya masyarakat ikut berperan aktif,” ungkap Camat sagulung.(red/Jeff)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here