Tercemar Surat PCR Palsu di Sorot Ombudsman

0
8021
Tercemar Surat PCR palsu di sorot ombudsman
Tercemar Surat PCR palsu di sorot ombudsman

LENSANAGA.ID-BATAM-Dalam Dunia kesehatan di Indonesia khususnya Batam tercemar  gara-gara surat PCR Swab palsu yang dibawa oleh calon Pekerja Migran Indonesia berinisial ENS, yang masuk ke Singapura beberapa waktu lalu.
Ombudsman Kepri sangat menyesalkan prosudur buruk terjadi itu.

Kita berharap agar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan mengevaluasi sistem kinerja petugas karantina kesehatan di semua bandara, Pelabuhan dan moda transportasi lainnya,” ujar Bpk. Lagat

sebagai Kepala Perwakilan Ombudsman Kepri kepada pihak media, Senin (18/1).

Lagat meminta agar secara cermat dan teliti, memeriksa setiap orang yang hendak bepergian, dan diwajibkan membawa surat keterangan bebas Covid-19 berdasarkan hasil rapid test, swab antigen atau hasil swab PCR (polymerase chain reaction).
Jangan sampai terulang adanya penumpang yang lolos menggunaka dokumen palsu bebas covid, ini sangat berbahaya untuk penularan virus ini,” menurut Bpk. Lagat.

Katanya, harus dibuat suatu mekanisme proses validasi surat keterangan bebas covid, misalnya bisa saja setiap surat keterangan diberikan barcode yang dapat dibaca oleh sistem di bandara atau pelabuhan,” kata lagat.

Pihak kepolisian di bandara dan setiap pelabuhan, juga harus membantu tugas karantina kesehatan untuk turut memastikan setiap penumpang memiliki surat keterangan yang asli,” di tambahnya.(red/Jeff)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here