Puluhan Satpam Geruduk Kantor Bupati Lampung Timur

0
7935
Puluhan Satpam Geruduk Kantor Bupati Lampung Timur
Puluhan Satpam Geruduk Kantor Bupati Lampung Timur

LENSANAGA.ID-Lampung Timur-Puluhan Satpam yang bertugas diseluruh Pasar inpres dalam naungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan mendatangi Kantor Bupati Lampung Timur, Senin ( 15/3/2021).

 

Adapun maksud dan tujuannya adalah menuntut hak gaji/honor bulanan yang diduga ada pemotongan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lampung Timur.Pemotongan terjadi di semua bagian petugas, namun yang sangat drastis pemotongan terjadi pada petugas Satpam hingga mencapai Rp.400.000 perbulan. Padahal gaji/honor petugas satpam sebelumnya adalah Rp. 750.000 perbulan.

 

Hal ini menimbulkan kekesalan serta kemarahan dari puluhan Satpam.Sehingga mendatangi Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Kantor Bupati Lampung Timur untuk meminta penjelasan dan menyelesaikannya.

 

Dalam surat ederan No.010/153/24/SK/2021 yang ditanda tangani oleh Kadisperindag, tentang perubahan pembiayaan operasional pasar daerah.

 

Adapun poin – poin dalam surat edaran pembayaran honor petugas sebagai berikut :

1. Honor petugas Kebersihan pasar sebesar Rp.900.000 perbulan.
2. Honor petugas Retribusi sebesar Rp.700.000 perbulan.
3. Honor petugas Satpam sebesar Rp.350.000 perbulan.

 

Saat ditemui,salah satu anggota satpam mengatakan,bahwa pemotongan tidak mendasar.Mengingat pada situasi saat pendemi Covid-19 yang sangat serba kekurangan.

 

” Kami dari seluruh Satpam pasar Se-Lampung Timur selama bekerja sebagai satpam tidak pernah menuntut atapun mendapatkan fasilitas,baik pemberian baju seragam dan lainnya.Tetapi tanggung jawab kami sangat besar dalam menjaga dimasing – masing pasar.Apalagi pada saat bertugas jaga malam hari beresiko sekali pada keselamatan kami.Kehilangan apapun dipasar kami yang bertanggung jawab.Sebetulnya gaji honor itu sangat tidak sesuai “, ungkap salah satu satpam yang tidak ingin disebutkan identitasnya kepada awak media.

 

Ia meminta kepada Disperindag dan Bupati Lampung Timur untuk dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.

” Ini menyangkut urusan perut pak,kami mohon honor kami jangan dipotong.Mohon kepada bapak Bupati untuk dapat menyelesaikannya “, pintanya.

 

Sementara itu,Ikhsansah Idroes selaku Sekertaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lampung Timur menjelaskan,bahwa persoalan tersebut sedang dalam penyelesaian rapat bersama Sekertaris Daerah.

 

” Saya kurang mengerti,pak Kadis menugaskan pak Edi Susilo sebagai Kepala Bidang Pengelolaan Pasar.Mereka yang mengerti bidang tekhnis penganggarannya.Saat ini sedang rapat dikantor Bupati bersama pak Kadis dan Sekda “, tutup Ikhsan.

Lapor: Edi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here