Bupati Ikuti Rapat Paripurna HUT Kabupaten Tanggamus ke 24

0
7811
Bupati Ikuti Rapat Paripurna HUT Kabupaten Tanggamus ke 24
Bupati Ikuti Rapat Paripurna HUT Kabupaten Tanggamus ke 24

LENSANAGA.ID-Kotaagung Timur – Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, mengikuti Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tanggamus, dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Tanggamus ke 24 dan Hari Jadi Provinsi Lampung ke 57, di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Tanggamus, Selasa (23/3/2021).

 

Hadir dalam Rapat Paripurna tersebut, Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi’i, Forkopimda Tanggamus, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, para Camat, Pimpinan Parpol, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta unsur Ormas/LSM dan insan Pers di Kabupaten Tanggamus.

 

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan didampingi para Wakil Ketua dan diikuti oleh Anggota DPRD Tanggamus dengan menggunakan pakaian khas adat Lampung.

 

Bupati dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Tanggamus, mengucapkan Dirgahayu Provinsi Lampung yang ke-57 dan Hari Ulang Tahun Kabupaten Tanggamus yang ke 24.

 

“Semoga Provinsi Lampung terus berkembang maju dan berjaya.
Sinergi antara Provinsi Lampung dan Kabupaten Tanggamus selalu kita laksanakan. Cukup banyak program-program Pemerintah Provinsi Lampung yang bersentuhan langsung dengan Kabupaten Tanggamus. Telah banyak capaian kemajuan pembangunan yang telah dilaksanakan Pemerintah Provinsi Lampung di Kabupaten Tanggamus. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Tanggamus mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung.

 

“Berkat rahmat Allah SWT, 24 tahun yang lalu, atau tanggal 21 Maret 1997, Kabupaten Tanggamus secara resmi berdiri. Tidak terasa Tanggamus telah berusia dewasa. Dua puluh empat tahun adalah rentang perjalanan waktu yang penuh dengan romantika dan dinamika sejarah,” kata Bupati.

 

Bupati juga menyatakan bahwa peringatan HUT ke 24 ini dilakukan secara sederhana, mengingat keprihatinan dalam masa pandemi Covid 19.

“Dimasa pandemi Covid-19 yang masih terus di melanda seluruh wilayah Indonesia termasuk di Tanggamus, maka perayaan dan peringatan Hari Jadi Tanggamus, kita adakan secara sederhana. Namun tanpa mengurangi makna rasa syukur kita atas Karunia Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Bupati.

 

Meskipun demikian, lanjut Bupati, Kabupaten Tanggamus dalam kurun satu tahun terakhir dimasa pandemi Covid-19, masih berhasil meraih prestasi dan penghargaan yang membanggakan, baik yang diberikan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Lampung, yakni diantaranya:
1. Meraih Predikat WTP dari BPK-RI untuk yang ke-5 kalinya;
2. Meraih Piagam Penghargaan dari Kemendagri atas keberhasilan penyelenggaraan Pilkakon Serentak, dengan jumlah Pekon Terbanyak yaitu 220 Pekon, yang dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.
3. Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 Kategori Kabupaten Sangat Inovatif, dari Kemendagri;
4. Penghargaan Kabupaten Cukup Peduli HAM Tingkat Nasional, selama 3 tahun berturut-turut, dari Kementerian Hukum dan HAM RI;
5. Pelaksana Terbaik Program Kampung Iklim Utama dari Kementerian LHK (yang diraih oleh Pekon Ngarip, Kecamatan Ulubelu);
Serta masih banyak prestasi dan keberhasilan lainnya.

 

Bupati juga menyampaikan keberhasilan Pemkab Tanggamus dalam menekan jumlah kasus Covid 19.

 

“Saat ini pada bulan Maret 2021, Kabupaten Tanggamus berada dalam Zona Kuning, yaitu zona terkendali resiko sedang penyebaran Covid-19, bersama 12 (dua belas) Kabupaten/Kota lainnya dari 15 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Lampung. Jumlah penderita Covid Terkonfirmasi di Kabupaten Tanggamus sampai dengan Maret 2021 sebanyak 540 orang, dengan jumlah pasien sembuh 513 orang dan Meninggal mencapai 27 orang.”

 

“Covid-19 tidak hanya menelan korban kematian dan kesakitan, namun merusak seluruh sendi-sendi perekonomian dan sosial di berbagai wilayah dan khususnya di Kabupaten Tanggamus. Kami telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam percepatan penanganan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Tanggamus. Kita juga telah melaksanaan Vaksinasi Covid-19, dengan sasaran Tenaga Kesehatan sebanyak 1.650 orang dan Petugas Pelayanan Publik sebanyak 3.477 orang,” terang Bupati.(red/doli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here