BPD Desa Purwodadi Dalam Bentuk Panitia Pilkades

0
6657
BPD Desa Purwodadi Dalam Bentuk Panitia Pilkades
BPD Desa Purwodadi Dalam Bentuk Panitia Pilkades

LENSANAGA.ID-.Lampung Selatan, Meski kepastian waktu penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Lampung Selatan tahun 2021 masih belum jelas. Namun tahapan awal dalam gelaran Pesta Demokrasi ditingkat Desa itu mulai dilaksanakan.

Hal itu terlihat di Aula Balai Desa Purwodadi Dalam Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Lampung Selatan. Pemerintah Desa (Pemdes) Purwodadi Dalam, melalui Badan Permusyawarata Desa (BPD) setempat mulai membentuk panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Senin (10/05).

Hadir pada kesempatan itu, Kasi Pemerintahan Kecamatan Tanjung Sari, Drs. H. Muhammad Iqbal, Kepala Desa (Kades) Purwodadi Dalam, Sugino, S.Pd, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Wagiman, Anggota BPD setempat, Perwakilan Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) setempat, Tokoh Masyarakat, serta warga Desa Setempat.

Dalam sambutannya Wagiman, Selaku Ketua BPD Desa Purwodadi Dalam menyampaikan, Perihal Surat Edaran dari Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Lampung Selatan yang mengintruksikan agar unsur BPD segera membentuk panitia Pilkades.

 

” Mengingat, Desa Purwodadi Dalam akan melaksanakan Pilkades tahun ini, dan walaupun dalam Surat Edaran (SE) Setdakab belum tertera kapan bulan atau tanggal pelaksanaannya. Tapi disini Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui SE tersebut mengintruksikan agar, Tim BPD Desa Purwodadi Dalam harus segera membentuk panitia Pilkades,” Ujar Wagiman.

” Maka kita bersepakat pada hari ini, Senin tanggal 10 Mei 2021, dan disini saya selaku Ketua BPD Desa Purwodadi Dalam, menindak lanjuti SE tersebut, kami mengundang Bapak dan Ibu untuk menyaksikan pembentukan calon panitia Pilkades.

” Yang insya’allah nanti akan dipandu oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Tanjung Sari,” ungkapnya Lanjut dalam sambutannya.

Sementara itu, Kades Purwodadi Dalam, Sugino, S.Pd, menyampaikan, Pembentukan Panitia Pilkades merupakan tahapan awal pesta demokrasi tingkat desa.

” Sebagai bagian daripada tahapan pesta demokrasi ditingkat desa atau Pilkades dimulai, yaitu ditandai dengan pembentukan panitia, ” ujarnya.

” Artinya, perlu nanti disampaikan kepada masyarakat bahwa pelaksanaan pemilihan Kepala Desa itu, jadi dilaksanakan, ” ungkap Sugino.

” Dengan adanya surat dari Kabupaten melalui Setdakab, Bahwa untuk desa yang akan melaksanakan kegiatan Pilkades, untuk ditahapan yang pertama ini, agar segera membentuk panitia Pilkades, maka kita semua hadir di Aula ini untuk membahas calon Panitia Pilkades tahun ini, ” Ujarnya.

Dia menambahkan, Karena secara teknis unsur unsur yang ada didalam kepanitiaan nanti adalah ada unsur dari Pemerintah Desa (Pemdes), Unsur BPD, serta Unsur Masyarakat, maka komposisi anggotanya cukup banyak. Sebanyak 20 anggota.

” Kurang lebih 20 anggota panitia, Jadi harapan dari kami, Semua nanti dari kita yang ditunjuk, mohon kesediaannya untuk bisa berperan serta atau ikut serta menjadi panitia,” imbuhnya.

Selanjutnya terkait dengan agenda panitia Pilkades mendatang, Kedepan langsung akan ditangani oleh panitia yang ditunjuk pada hari ini.

” Sudah merupakan hak mutlak daripada panitia berkaitan dengan masalah sosialisasi, Perencanaan anggaran, dan sebagainya. Kemudian juga untuk bisa menyampaikan kepada masyarakat dan Utamanya kepada calon calon yang ingin berpartisipasi dalam pencalonan Kades Purwodadi Dalam,” Ucapnya.

Berdasarkan info yang beredar, untuk masalah pencalonan Kepala Desa Purwodadi Dalam pada tahun ini, calon peserta yang akan mencalonkan diri sebagai calon Kepala Desa kurang lebih sebanyak 8 sampai 9 orang.

Masih kata Sugino, ” Menurut Undang Undang yang ada calon Kepala Desa itu maksimal 5 orang. Artinya ketika calon lebih dari 5 berarti ada proses seleksi. Ini harus dihafami supaya tidak ada salah tafsir, dan semua harus mengacu kepada Undang Undang yang ada, ” paparnya.

 

” Pengalaman di Kecamatan Tanjung Sari belum pernah ada calon lebih dari 5, jadi baru pertama ini, di Desa Purwodadi Dalam.

Dengan banyaknya Calon yang akan mendaftar tersebut, Sugino berharap, agar Panitia Pilkades atau Kasi Pemerintahan Kecamatan Tanjung Sari bisa menjelaskan bagaimana aturan atau indikator indikator yang ada terkait dengan seleksi calon.

 

” Harus dijelaskan dengan sejelas sejelasnya, kepada Calon, supaya tidak banyak multi Tafsir, tidak banyak anggapan anggapan yang nanti, dikira ada manipulasi manipulasi yang merugikan salah satu calon. Jadi harus sejauh itu kita menjelaskannya,” Ucapnya.

” Buat setransparan mungkin, supaya tidak terjadi miskomunikasi dan kesalah pahaman,” Lanjutnya.

Terakhir Sugino berpesan kepada BPD kiranya untuk bisa bersinergi dengan pemerintah desa supaya, bisa melaksanakan tugas ini dengan sebaik baiknya. Sampai dengan paripurnanya adanya Kepala Desa terpilih Nanti.

 

” Kami harap kita semua bisa bersinergi, baik dari pemdes, BPD, dan masyarakat supaya keberlangsungan pesta demokrasi di Desa Purwodadi Dalam ini, Bisa berjalan dengan tertib, Aman, dan Damai. Dan memunculkan seorang pemimpin yang memang betul dipilih oleh masyarakat,” tutupnya.

Berikut susunan 20 anggota panitia Pilkades Desa Purwodadi Dalam yang telah terbentuk. Ketua Sutarmono, Sekretaris Suwantinah, Bendahara Yuli, dan 17 anggotanya yaitu, Legiyati, Suyanto, Andi Kurniawan, Aan Wisnu Shagita, Tugino, Haraip, Suwagianto, Poniran, Yuli Handreas, Samsuri, Sukijo, Hermawan, Legiono, Andriyanto, Edi Priyatno, Ardian Yustanto, dan yang terakhir Sri Maryati. (Arif).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here