Aman Bima Gelar Sosialisasi DGM di Sanggar

0
7751
Aman Bima Gelar Sosialisasi DGM di Sanggar
Aman Bima Gelar Sosialisasi DGM di Sanggar

LENSANAGA-BIMA-Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Aman) Bima, menggelar kegiatan Sosialisasi  Dedicated Grant Mechanism   (DGM), di aula Kantor Desa Kore Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima.
Kegiatan sosialisasi ini dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas perangkat desa serta kesejahteraan bagi masyarakat Adat, khususnya di wilayah kecamatan Sanggar dan Wawo. Selasa (8/12/2020).

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Pemerintah Desa setempat, dan di ikuti oleh masyarakat dari kalangan Petani, Nelayan, serta para Pengusaha kerajinan baik dari kaum laki-laki dan juga perempuan.

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini maka para pengrajin batu alam yang membuat kerajinan seperti cobek, lesung dan berbagai perabotan rumah tangga lainnya, dapat dibantu dengan fasiltas peralatan yang menunjang, serta dapat memfasilitasi terkait akses pemasarannya, sehingga lebih dapat meningkatkan perekonomian bagi para pengrajin Batu alam tersebut, ”kata ketua Aman Bima Ayatullah.

Ketua Aman Bima Ayatullah menjelaskan juga untuk meningkatkan peningkatan kapasitas masyarakat adat, khususnya di wilayah Kecamatan Sanggar dan Wawo, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan melakukan kegiatan pelatihan selama 5 bulan kedepan.

“sementara untuk mendukung pengembangan kelompok usaha masyarakat tersebut, akan dibentuk suatu wadah khusus yang menaungi kelompok usaha tersebut atau yang di sebut Bukit Makmur Mandiri Utama,”jelasnya.

“Setelah terbentuknya kelompok usaha Bumma tersebut, selanjutnya akan dilakukan kegiatan dan pelatihan serta membangun kemitraan dengan Pemerintah terkait, seperti Dinas Koperasi UKM dan Diskoperindag”, tambahannya

Ayatullah juga berharap “kegiatan sosialisasi DGM ini juga untuk mengembangkan usaha Produk Komoditi Lokal yang berada di wilayah kecamatan Sanggar dan Wawo, yakni seperti Madu, Kopi, dan berbagai rempah-rempah lainnya, serta berbagai bentuk usaha kerajinan seperti kain tenun dan juga hasil kerajinan perabotan yang terbuat dari batu alam”

Naga Bima – Ded

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here