BNN Metro Gelar Sosialisasi P4GN di Dinas Perkim Kota Setempat

BNN Metro Gelar Sosialisasi P4GN di Dinas Perkim Kota Setempat

Metro — Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Metro menggelar sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) kota setempat, Kamis (04/07/2024).

Penyuluh Ahli Muda Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Metro, Johan Ibrahim menuturkan, kegiatan sosialisasi P4GN dilaksanakan berdasarkan Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 2 Tahun 2020.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mencegah peredaran gelap narkoba yang ada di lingkungan dinas dan instansi yang ada di Kota Metro. Salah satunya dengan kami memberikan sosialisasi, kemudian dilanjutkan dengan test urin,” tuturnya.

Johan menyampaikan, adapun sosialisasi yang diberikan oleh BNN pada kegiatan tersebut antara lain, bahayanya narkoba, cara mencegah narkoba, dan ciri-ciri pengguna narkoba.

“Kegiatan sosialisasi ini renacanya akan dilakukan di 32 OPD di Kota Metro. Semua sudah terdaftar di BNN, tetapi masih menentukan jadwalnya,” ujarnya.

“Di Metro kami telah melakukan di empat tempat instansi. Pertama, kita lakukan di Metro Utara, kemudian Metro Timur, dilanjutkan ke Setda Pemkot Metro, dan kali ini di Dinas Perkim,” tambahnya.

Dia menyebut, apabila ada kedapatan pegawai yang mengkonsumsi Narkotika. Maka, pihaknya akan segera malakukan tindakan.

“Jika ditemukan PNS pemakai Narkoba, maka akan direhabilitasi. Namun, apabila dia seorang pengendar, maka akan di penjarakan,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Perkim Kota Metro, Budi Dwi R mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini baik, karena bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait penyalahgunaan narkoba. Kami berharap, dengan adanya sosialisasi ini, tumbuh komitmen dari ASN di lingkungan Perkim untuk mampu menjauhi, mencegah penyalahgunaan narkoba,” ujarnya.

“Kemudian, tadi ada lima sampel pegawai yang dilakukan tes urine. Yaitu, tiga laki-laki dan dua perempuan. Alhamdulillah, beberapa yang diambil test sampel, hasilnya negatif semua,” tambahnya. (Ferdy Genta)

Loading

Redaksi
Author: Redaksi

Related posts

Leave a Comment