Jejak Negara Boneka’ VAN MOOK Yang Gagal

0
123

 

Dulu Sumatra Barat pernah dibuat “negara” oleh Van Mook… Tapi gagal karena rata rata menghormati Sutan Syahrir, Bung Hatta atau Haji Agus Salim.

Jika Negara Sumtra Timur atau NST sering kita dengar dan tercatat dalam buku sejarah Indonesia era tahun 1950 an setelah KMB atau Konfrensi Meja Bundar, sudah kita ketahui bersama bahwa Negara Negara Serikat ini bentukan Van Mook untuk mengkerdilkan Republik Indonesia dari dalam, dan sejarah kemudian mencatat usaha itu tidak berhasil …
Negara Negara boneka bentukan Belanda itu satu persatu lebur dalam Republik Indonesia karena desakan rakyatnya sendiri.

Namun ada satu kejadian menarik yang terekam kamera gahetna, yakni rencana pembentukan Negara Sumatra Barat ???….

Ya dalam Photo photo ini seperti nya ada kegiatan pengerahan masa dan penandatanganan petisi untuk pembentukan Negara NSB.


Pada tanggal 26 Oktober 1947 rakyat kota Padang dan sekitarnya berkumpul ( atau di kumpulkan? Masih harus di teliti lebih lanjut) untuk suatu penyerahan dan penandatanganan petisi pada Residen Belanda di Padang yakni Dr. L.B. van Stralen, agar segera di bentuk Negara Sumatra Barat, gerakan ini di pelopori oleh Saidi nan Poetih (siapa beliau masih juga perlu penelitian sejarah lebih lanjut), dari photo photo di bawah terlihat ada pengerahan massa, orasi, pembubuhan tanda tangan, serta pertemuan dengan beberapa petinggi Belanda berseragam militer.

Tetapi sejarah memperlihatkan bahwa petisi akhirnya ini tidak berhasil, ” Negara Sumatera Barat” tidak tercatat dalam sejarah. Kemungkinan karena mayoritas masyarakat Minang lebih memilih jejak Muhammad Hatta, Muhammad Yamin, Agus Salim, Sutan Syahrir, Tan Malaka, dll. yang
merupakan pendukung gigih Negara kesatuan.

sumber : gahetna/Beny Rusmawan(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here