MIN 1 Metro Gelar Wisuda Tahfidz Periode IV dan Pelepasan Murid Kelas VI

MIN 1 Metro Gelar Wisuda Tahfidz Periode IV dan Pelepasan Murid Kelas VI

Metro – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Metro menggelar Wisuda Tahfidz Periode IV dan Pelepasan Murid Kelas VI Tahun Pelajaran 2022/2023, Selasa (23/05/2023).

Plt Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Metro, Juminten mengatakan, hari ini MIN 1 Metro menggelar wisuda tahfidz sebanyak 84 murid dan pelepasan anak kelas VI sebanyak 125 murid.

“Untuk wisuda tahfidz Juz 28, Juz 29 dan Juz 30. Tetapi, kebanyakan mereka menghafal Juz 30, sedangkan untuk Juz 28 dan Juz 29 ada 5 murid. Adapun murid yang wisuda tahfidz kali ini dari kelas 4, kelas 5, dan kelas 6,” katanya.

Dia menjelaskan, MIN 1 Metro memiliki salah satu program unggulan yaitu tahfidz yang mengacu pada program Kementerian Agama (Kemenag) Pusat, Kanwil, dan Kota Metro.

“Disini kita ada program unggulan yaitu tahfidz, yang mengacu pada program Kementerian Agama (Kemenag) Pusat, kanwil, dan Kota Metro. Untuk anak didik kita, diusahakan bisa lulus dari MI dan Madrasah mereka harus bisa hafizd Quran minimal 1 Juz,” jelasnya.

Pihaknya juga bersyukur, pada wisuda tahfidz kali ini terdapat hafidz Quran paling termuda.

“Pada wisuda tahfidz kali ini, kami bersyukur terdapat prestasi diantaranya terdapat hafidz termuda yaitu anak dari kelas 3,” tuturnya.

Dia berpesan, untuk anak-anak didik yang telah lulus, pihaknya berharap dapat meneruskan ke jenjang tinggi yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mereka inginkan.

“Untuk anak didik kita yang lulus, kami mengharapkan dapat meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu SMP yang mereka inginkan. Serta kami juga berharap, mereka dapat melanjutkan ke Madrasah supaya hafalan mereka tidak hilang. Tetapi itu semua kami kembalikan kepada orang tua yang berhak atas anak mereka. Kami disini hanya dititipkan 6 tahun, itu pun masih banyak kekurangan. Sehingga nya komunikasi kami antara wali murid tetap terjalin baik,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Metro, Wahdi menyampaikan, untuk menumbuhkan investasi terbesar berupa sumber daya manusia, harus mempersiapkan generasi muda dengan sebaik-baiknya.

“Ini adalah wisuda tahfidz kelas 4, kelas 5 dan kelas 6. Saya berharap, kita bisa menyiapkan generasi muda dengan sebaik-baiknya, seperti tagline kita yaitu Generasi Emas Metro Cemerlang (Gemerlang). Maka, investasi terbesar itu adalah membangun sumber daya manusia,” ujarnya.

“Kalau kita sudah berfikir membangun sumber daya manusia, maka infrastruktur sekolahnya harus baik. Alhamdulillah kita harus bersyukur, sekolahan MIN di Metro telah mendapatkan bantuan dari PUTR tahun 2024,” imbuhnya.

Dia berpesan, kepada anak-anak yang baru di wisuda, harus memiliki kepribadian yang baik.

“Jadilah anak-anak yang sholeh dan sholehah. Serta selalu mendoakan kedua orang tua, karena itu penting sekali, karena mereka dunia akhirat kita,” tuturnya.

“Mudah mudahan dengan wisuda nya tahfidz dan pelepasan murid kelas VI MIN 1 ini, kedepannya akan lebih bersemangat dalam upaya meraih pendidikan yang lebih tinggi guna mencapai kesuksesan dunia akhirat. Dan mudah-mudahan segala hal tersebut, dapat menjadi sebuah kebaikan bagi para pengajar maupun siswa-siswi,” pungkasnya. (Genta)

Loading

Redaksi
Author: Redaksi

Related posts

Leave a Comment