Panitia Sebut PPDB di SMAN 1 Metro Sesuai dengan Juknis

Panitia Sebut PPDB di SMAN 1 Metro Sesuai dengan Juknis

Metro — Panitia menyebut proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMA Negeri 1 Metro sudah sesuai dengan petunjuk teknis (Juknis) yang berlaku.

Data yang dihimpun, polemik yang muncul pada PPDB di sekolah tersebut dikarenakan banyaknya peserta yang lolos di jalur prestasi non akademik yang dipenuhi oleh Tahfiz Quran.

Waka Humas SMA Negeri 1 Metro, Sriwijayanti mengatakan, setiap sertifikat prestasi yang dilampirkan memiliki skor masing-masing. Terlebih, bagi prestasi berjenjang yang memiliki skor lebih banyak.

“Di juknis sudah jelas, ada penilaian skor berjenjang dan tidak berjenjang. Bahkan mereka paham skor masing-masing itu. Misal yang berjenjang itu berapa dan yang tidak itu berapa. Yang jelas kalau berjenjang itu lebih besar karena meraih nya dari bawah,” kata dia, Senin (19/062023).

Dia menyebut, untuk Tahfiz Quran yang lolos bukan karena pemilihan dari panitia. Namun, data itu masuk dari peserta yang lolos itu sendiri.

“Kita tidak bisa membatasi pendaftar. Ketika dihitung skor itulah yang masuk. Bahkan, yang skor nya kecil akan tersingkir sendiri secara sistem,” ungkapnya.

“Untuk Tahfiz Quran, satu juz nya memiliki skor 40. Kan kita tidak ada batasannya. Sementara, skor tertinggi diraih oleh peserta yang hafal 18 juz” lanjutnya.

Dia menjelaskan, untuk memvalidasi peserta yang lolos tahap seleksi nanti akan dilakukan verifikasi faktual.

“Kita nanti ada verifikasi faktual. Pada proses ini nanti kita akan memverifikasi ke setiap yayasan yang mengeluarkan sertifikat itu. Jika ada kendala lagi maka akan kita lakukan koordinasi ke panitia,” ujarnya.

Bahkan, dia juga mengatakan terkait tidak lolos nya para peserta dikarenakan kurangnya nilai sehingga tidak bisa masuk dalam tahap seleksi.

“Yang tidak lolos itu ya yang nilainya kurang. Bukan kita yang menolak, memang pendaftar yang sesuai dengan skor yang ada,” pungkasnya. (Genta)

Loading

Redaksi
Author: Redaksi

Related posts

Leave a Comment