Pemkot Melalui Dinkes Metro Gelar Peresmian Pemeriksaan IVA Test, HPV DNA, dan Sadanis

 

Metro — Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, menggelar peresmian pemeriksaan IVA Test, HPV DNA, dan Sadanis. Kegiatan berlangsung di Sekretariat Yayasan Kanker Indonesia (YKI) kota setempat, Rabu (3/7/2024).

Kegiatan tersebut diselenggarakan guna mewujudkan wanita sehat, dan kuat. Serta, mencegah kanker serviks (leher rahim) dan payudara pada wanita di Kota Metro.

Wali Kota Metro, Wahdi mengatakan, Pemerintah Kota Metro telah meresmikan gebyar pemeriksaan IVA Test, HPV DNA, dan Sadanis.

“Jadi, Pemeriksaan HPV DNA Genotyping adalah prosedur tes berbasis molekuler yang bertujuan untuk mencari atau mengetahui adanya tanda-tanda infeksi HPV. Pemeriksaan ini diutamakan untuk mendeteksi jenis (strain) dari Human Papillomavirus (HPV) yang berisiko tinggi (high-risk strains of HPV) menimbulkan kanker serviks,” katanya.

Walikota menyebut, saat ini pemerintah telah membuat suatu program pemeriksaan IVA (mendeteksi kanker leher rahim) secara gratis.

“IVA Test merupakan program dari pemerintah, yang pemeriksaannya dilakukan secara gratis. Pemeriksaan IVA, bisa dilakukan setiap kapanpun di Puskesmas, dan Rumah Sakit yang melayani khusus pemeriksaan IVA,” ucapnya.

“Kemudian, dalam kegiatan tersebut, ada juga pemeriksaan Sadanis (pemeriksaan payudara sacara klinis). Jadi masyarakat bisa diajari bagaimana menerapkan pola hidup sehat,” tambahnya.

Wahdi menjelaskan, sasaran pada kegiatan tersebut adalah semua wanita yang ada di Bumi Sai Wawai.

“Sasaran dari kegiatan ini adalah semua wanita, baik itu dari PNS dan masyarakat. Kalau untuk masyarakat, biasa sudah sering dilakukan pemeriksaan,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro, Eko Hendro Saputra dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran perilaku masyarakat terutama di lingkungan Pemerintah Kota Metro.

“Mari kita tingkatkan kewaspadaan dan kesadaran perilaku kita terhadap pencegahan penyakit kanker, dengan menerapkan pola hidup sehat di lingkungan kita,” ujarnya.

Eko mengungkapkan, kegiatan pemeriksaan HPV DNA dan Sadanis tersebut, sudah dilakukan sejak tanggal 1 Juli 2024.

“Kegiatan ini akan kita lakukan selama lima hari, kamarin sudah bertempat di Puskesmas. Saat ini, di Sekretariat YKI Cabang Kota Metro,” ungkapnya.

Selain itu, Eko mengatakan, pada tahun 2023 lalu, pihaknya telah melakukan Vaksin HPV (Imunisasi untuk melindungi tubuh dari invesksi HPV) bagi anak usia jenjang kelas lima dan enam Sekolah Dasar (SD) di Kota Metro.

“Jadi generasi muda kita, yaitu kaum wanita ke depan InsyaAllah akan terhindar dari kanker serviks dan kanker payudara. Kemudian, pada bulan Agustus nanti, akan diadakan kembali vaksin untuk kelas lima dan enam SD di Kota Metro,” katanya. (Ferdy Genta)

Loading

Redaksi
Author: Redaksi

Related posts

Leave a Comment