Pemkot Metro Melalui DKP3 Setempat Resmikan Posyanduwan Keliling

 

Metro — Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) setempat, meresmikan pos pelayanan terpadu hewan (Posyanduwan) keliling. Kegiatan berlangsung di Lapangan Sumbersari Bantul, Metro Selatan, Kamis (11/7/2024).

Wali Kota Metro, Wahdi mengatakan, alhamdulillah dalam kesempatan ini, Pemkot Metro melalui DKP3 meresmikan Posyanduwan Keliling.

“Seperti yang kita ketahui, salah satu ketahanan pangan kita berasal dari hewan. Untuk itu kita memperhatikan bagaimana kesehatan hewan kita. Seperti, sapi, kambing, sapi perah, dan kambing perah. Kemudian, hewan-hewan yang menjadi hewan pelihara kesayangan,” katanya.

Wahdi menyebut, saat Kota Metro telah memiliki rumah sakit hewan dan puskeswan, guna memberikan pelayanan kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan.

“Mudah-mudahan ke depan Posyanduwan ini dapat di inisiator dengan baik oleh masyarakat. Sehingga pemerintah sudah mempersiapkan bagaimana masyarakat terlibat penuh dalam pembangunan. Nah, peran-peran inilah yang harus diambil,” ucapnya.

“Kemudian, pemerintah dalam hal ini harus memberikan arahan seperti apa yang akan dilakukan oleh masyarakat. Saya kira kegiatan-kegiatan seperti ini ke depannya dapat di jalankan dengan sebaik-baiknya,” tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Metro, Hery Wiratno menyampaikan, nantinya di Posyanduwan keliling tersebut, akan ada pelayanan aktif, semi aktif, dan pasif. Guna meningkatkan produksi ternak dan kesehatan hewan.

“Nah, kalau untuk yang pasif ini, petani datang ke puskeswan. Kemudian, kalau semi itu sama-sama. Kalau yang aktif, yaitu yang keliling ini, kita memberikan pelayanan kepada masyarakat yang punya hewan peliharaan,” ujarnya.

Dia menyebut, Posyanduwan tersebut lebih mengcover pelayanan bagi masyarakat yang memiliki hewan produksi.

“Kalau ini sebenarnya khusus untuk yang produksi. Artinya seperti sapi, dan kambing. Layanan ini kita berikan secara gratis. Adapun layanan yang diberikan yaitu, pemberian obat cacing, kesehatan hewan, sanitasi, dan lain sebagainya,” ucapnya.

“Untuk jadwal Posyanduwan keliling ini, setiap hari Selasa dan Kamis. Petugas akan keliling di masing-masing kelurahan, dan kelompok ternak,” tambahnya. (Ferdy Genta)

Loading

Redaksi
Author: Redaksi

Related posts

Leave a Comment