Pemkot Metro Terima Sertifikat Adipura dari Menteri LHK RI

Pemkot Metro Terima Sertifikat Adipura dari Menteri LHK RI

Metro – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menerima penghargaan sertifikat Adipura dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (MLHK-RI), Profesor Doktor Siti Nurbaya Bakar, atas kinerja dalam pengelolaan sampah
dan ruang terbuka hijau di wilayah Bum Sai Wawai tahun 2023.

Penyerahan sertifikat Adipura yang di wakili Insinyur Wiratno tenaga ahli Kementerian tersebut diserahkan kepada Walikota saat membuka jalannya kegiatan aksi bersih negeri serentak yang diselenggarakan di Hutan Kota, Kelurahan Tejosari, Kecamatan Metro Timur, Jumat (8/3/2024).

Dalam sambutannya, Walikota Metro, Wahdi menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada Kota Metro yang menurutnya juga ini merupakan tanggung jawab bersama.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih atas penghargaan yang saya kira sangat baik sekali untuk kota metro dalam hal ini dan ini merupakan tanggung jawab kita sebagai warga Metro karena bukan tanggung jawab pemerintah saja. Tapi tentu pemerintah memberikan sarana dan prasarananya,” ucapnya.

Iya juga memesankan agar selalu mempertahankan ruang terbuka hijau karena ini merupakan hal sangat penting.

“Alhamdulillah ruang terbuka hijau kita dari 20% sudah 17,6% jadi saya minta betul-betul kesadaran dari masyarakat .Dan kita juga sedang berlomba-lomba bekerjasama dengan semua pihak,” paparnya.

“Kemudian tentu juga Saya berterima kasih bahwa aksi bersih-bersih ini adalah kesadaran kita bersama untuk menjaga alam ini, karena kalau kita tidak menyelesaikan masalah lingkungan pertama kali yang tercemar adalah air,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro, Ardah saat menyampaikan laporan aksi bersih Negeri menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan dalam rangka mengikuti aksi bersih negeri serentak yang diselenggarakan sekaligus dengan mengikuti secara nasional melalui siaran langsung dari Kabupaten Karawang.

“Berdasarkan pelaksanaan surat direktorat jenderal PSLP 3 KLHKRI nomor S 31
HSELD 3203 tahun 2024 tanggal 1 Maret 2024 perihal undangan menghadiri aksi bersih negeri serentak,” ungkapnya.

“Dengan tujuan kegiatan ini masih dalam rangka memperingati hari peduli sampah
nasional tahun 2024 yang mengambil tema atasi plastik dengan cara produktif sekaligus mengajak semua elemen masyarakat, swasta, akademisi, pemerintah untuk terus meningkatkan kepedulian terhadap
permasalahan sampah serta menjadi sarana memupuk cinta kasih terhadap masa depan bumi yang kita cintai,” ucapnya.

Dia menyampaikan, pada aksi bersih serentak hari ini juga telah dilakukan bersih bersih di seputar lingkungan hutan Kota kelurahan tejosari seperti pemungutan dan pengumpulan sampah sesuai jenis sampah kemudian penimbangan sampah serta pengangkutan sampah.

“Dan dengan hasil kegiatan hari ini telah terkumpul data seperti sampah organik berjumlah 574,81kg kemudian sampah anorganik 50,45kg dan residu yang tidak bisa kita olah berjumlah 13,95kg total keseluruhan 639,21kg. Kami persilakan nanti kepada rekan-rekan atau bank sampah ya langsung
gerak cepat diambil alih ini sampah-sampah yang sudah kita kumpulkan pada pagi hari ini,” paparnya

“Kami sampaikan juga pada hari ini kita menyediakan kendaraan pengangkut bentor berupa 4 unit, kemudian dalam truk satu unit, dan dengan total peserta yang mengikuti kegiatan hari ini lebih kurang 300 peserta,” pungkasnya. (ADV)

Ferdy Genta P

Loading

Redaksi
Author: Redaksi

Related posts

Leave a Comment