Sigula Diyakini Bisa Brantas Narkoba di Metro

Sigula Diyakini Bisa Brantas Narkoba di Metro

Metro – Program strategi kolaborasi penanggulangan penyalahgunaan narkoba (Sigula) diyakini bisa memberantas peredaran narkotika di Bumi Sai Wawai.

Program besutan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Metro tersebut akan merangkul seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menanggulangi peredaran narkoba.

Kepala Kesbangpol Kota Metro, Rosita Tarmizi mengatakan, selain menggerakkan progam P4GN pihaknya juga akan lebih konsen dalam mengajar Metro bersih narkoba (Bersinar).

“Jadi, beberapa leading sektor di Metro ini masing-masing ada program dalam penanganan narkoba. Untuk itu, kami akan merangkul seluruh aspek seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial dan stakeholder lainnya,” kata dia, Selasa, 04 Juli 2023.

Dia menambahkan, gerakan Sigula ini nanti akan menjadi koordinator dinas lain agar semua bisa berjalan bersamaan. Seperti di Dinas Pendidikan yang menyasar anak sekolah dan Dinas Kesehatan yang meningkatkan pelayanan instusi penerima wajib lapor (IPWL) bagi pengguna narkoba.

“Untuk di Metro ini yang menjadi pusat IPWL adalah RSUD Ahmad Yani, kemudian dibantu juga empat puskesmas diantara Puskesmas Iringmulyo, Ganjar Agung, Banjarsari dan Puskemas Metro. Tujuannya, supaya IPWL bisa betul-betul ada manfaatnya,” tambahnya.

Menurutnya, setelah menjadi koordinator pelaksana P4GN secara serentak yang ditargetkan Indonesia bisa terlaksana dengan baik.

“Tentu, kami akan memastikan, seluruh OPD bisa memaksimalkan fungsi yang ada terutama di sektor pencegahan nya. Yang kita gencarkan penanganan ini bisa tepat sasaran,” ungkapnya.

Sementara, untuk penerapan kelurahan bersinar saat ini di Metro masih 6 kelurahan saja.

“Meskipun kelurahan bersinar itu bentukan dari BNN, kita siap untuk bekerjasama agar gerakan itu berjalan sesuai dengan fungsinya. Menggerakkan elemen masyarakat dalam pencegahan di wilayah tersebut,” kata dia.

“Saya yakin, kalau ini dilaksanakan secara terus menerus dan bersama sama insyaallah metro bisa bersinar. Meskipun ada strecing bagi para pengedar dan di metro mulai dari bawah hingga pimpinan sangat konsen dalam penanganan narkoba,” pungkasnya. (Genta)

Loading

Redaksi
Author: Redaksi

Related posts

Leave a Comment