Tingkatkan Nilai Keimanan dan Ketaqwaan, Disdukcapil Metro Gelar Pengajian Amaliah

Tingkatkan Nilai Keimanan dan Ketaqwaan, Disdukcapil Metro Gelar Pengajian Amaliah

Metro — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Metro menggelar pengajian amaliah ramadhan, guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan bagi para ASN dan staf di dinas setempat. Acara berlangsung di Aula dinas setempat, Selasa (19/3/2024).

Dikatakan Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kota Metro, Silfia Naharani, kegiatan yang diselenggarakan hari ini merupakan salah satu program dari pemerintah setempat yaitu amaliah ramadhan, yang dilaksanakan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Metro.

“Tujuan kegiatan ini adalah jangan sia-siakan bulan ramadhan, karena bulan ramadhan itu penuh berkah. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wujud silaturahmi pak wali beserta jajaran kepada OPD-OPD se-Kota Metro,” katanya.

Kemudian, ia berharap, dengan diadakan kegiatan tersebut dapat meningkatkan nilai-nilai nurani dan spiritual bagi para ASN di Bumi Sai Wawai.

“Harapannya tentu yang dimiliki tidak hanya kecerdasan, kedisiplinan secara fisik saja. Namun, bagaimana secara nurani dan spiritual juga dibutuhkan,” ucapnya.

“Jadi, walaupun siraman rohani tadi cuma sedikit. Tapi, siraman rohani tadi bagaikan tersiram air di musim kemarau,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Metro, Ika Pusparini Anindita Jayasinga mengajak kepada seluruh stafnya, agar dapat menjaga puasa dengan baik di bulan suci ramadhan ini.

“Untuk teman-teman di Disdukcapil agar bisa melaksanakan ibadah puasa dengan baik, serta memperbanyak kegiatan-kegiatan ibadah. Contohnya yaitu, membaca Alquran, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, serta memperbanyak silahturahmi,” ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan, terkait dengan pelayanan Disdukcapil di bulan ramadhan. Dia menyebut, masih tetap sama seperti hari-hari biasa.

“Untuk peningkatan pelayanan, hampir sama seperti hari-hari biasa. Walaupun jam kerja kami dari jam 08.00 WIB sampai dengan jam 15.00 WIB, kami tetap menyesuaikan sesuai jadwal waktu bulan ramadhan,” ucapnya.

Bahkan, dia mengungkapkan, pada hari Sabtu dan Minggu, pihaknya masih membuka layanan, berupa layanan jemput bola.

“Kami juga melaksanakan layanan jemput bola, yaitu di hari Sabtu dan Minggu. Contoh, seperti ada bazar murah, kemudian gelaran pasar senja di Lantai 2 Cendrawasih, itu kami tetap melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), ke bidan, dan ke rumah sakit, seperti itu,” ujarnya. (ADV)

Loading

Redaksi
Author: Redaksi

Related posts

Leave a Comment