Warga Magelangan Metro Barat Cetak Kambing Unggulan Guna Tingkatkan Perekonomian

Warga Magelangan Metro Barat Cetak Kambing Unggulan Guna Tingkatkan Perekonomian

Metro – Sektor peternakan saat ini sangat menjanjikan untuk perputaran ekonomi yang lebih baik. Hal tersebut dipercayai oleh warga Magelangan, Kelurahan Ganjar Asri, Kecamatan Metro Barat usai membudidayakan kambing unggulan persilangan jenis Dorper dan Boer.

Kelompok ternak kambing Elbazi Farm merupakan besutan Ahmadi yang beralamatkan di RT 53 RW 10 saat ini telah mengembangkan sekitar 300 ekor kambing dan berhasil mencetak keturunan super yang nantinya menjadi perbaikan ekonomi bagi masyarakat.

Yuanis 43 tahun merupakan salah seorang pengelola Elbazi Farm mengatakan, minatnya untuk membudidayakan kambing Dorper karena memiliki kualitas daging yang tinggi dan banyak peminat.

“Kambing Dorper ini merupakan kambing asli asal Afrika, kami tertarik karena sifat unggulnya. Terlebih, kambing ini juga mudah beradaptasi dan pemeliharaannya juga cukup mudah,” kata dia, Jumat, 21 Juli 2023.

Dia menambahkan, selain memiliki kualitas daging yang tinggi, kambing jenis Dorper ini juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

“Di luaran sana banyak sekali peminatnya, itu karena daging kambing Dorper memiliki rasa lezat dan tekstur yang lembut serta menjanjikan pilihan yang populer di pasar daging,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Pembina Kelompok Ternak Elbazi Farm, Ahmadi mengatakan, dalam menciptakan kualitas kambing unggulan ini, pihaknya bersama rekan lainnya terus berinovasi meskipun harus jatuh bangun dalam pengembangbiakan.

“Peluang ini kami maksimalkan karena melihat lahan yang cukup di wilayah Magelangan untuk dimanfaatkan. Maka perlu keterampilan juga dalam pengembangbiakan, kami juga akan terus berinovasi,” kata dia.

“Selain itu, penggunaan teknologi sangat penting dalam memanajemen peternakan seperti pemantauan kesehatan dan nutrisi secara real-time, serta pengaturan suhu dan kelembaban yang optimal di kandang, juga berkontribusi pada peningkatan produktivitas peternakan,” lanjutnya.

Ahmadi menyebut, dengan adanya kambing Dorper yang unggul dan inovasi yang terus berkembang dalam industri peternakan, masa depan industri peternakan menjadi semakin cerah.

“Potensi untuk meningkatkan produksi daging yang berkualitas tinggi, adaptasi terhadap kondisi lingkungan yang beragam, dan manajemen yang efisien memberikan harapan baru bagi para peternak dan kontribusi positif terhadap perekonomian lokal,” pungkasnya. (Genta)

Loading

Redaksi
Author: Redaksi

Related posts

Leave a Comment